exness-logo-full

Gili Ketapang Adventure: Petualangan Seru di Pesisir Probolinggo

Gili Ketapang Adventure photo 1

Gili Ketapang, pulau eksotis seluas 68 hektar di pesisir utara Probolinggo, menawarkan pengalaman wisata alam yang memesona. Dengan pantai berpasir putih, air laut jernih, serta panorama bawah laut yang menakjubkan, Gili Ketapang layak jadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Akses ke Gili Ketapang

Untuk mencapai Gili Ketapang dari Surabaya atau Malang, Anda bisa berkendara sekitar 2-3 jam menuju Probolinggo via jalan tol. Sesampainya di sana, Anda menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga untuk menyeberang ke Gili Ketapang dengan perahu motor, yang ditempuh sekitar 30 menit.

Ada beberapa pilihan perahu yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Perahu reguler: Jadwal keberangkatan setiap satu jam sekali mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket PP sekitar Rp 20.000 per orang.
  2. Perahu charter: Bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan dengan rombongan Anda. Harga sewa mulai Rp 300.000 untuk satu perahu PP.
  3. Paket perahu dari operator wisata: Tersedia paket snorkeling atau wisata yang sudah termasuk perahu PP dan fasilitas lain. Harga bervariasi tergantung paket yang dipilih.

Di pelabuhan, Anda akan menemukan loket pembelian tiket perahu reguler. Pastikan Anda membeli tiket sesuai jumlah rombongan dan jadwal keberangkatan yang diinginkan. Harga tiket sudah termasuk asuransi perjalanan.

Menuju spot snorkeling terbaik

Gili Ketapang merupakan surga bagi para penyelam dan penyuka snorkeling. Anda bisa menjumpai terumbu karang yang masih asri dengan beragam jenis ikan hanya beberapa meter dari bibir pantai. Dua spot snorkeling favorit di Gili Ketapang adalah:

  1. Pantai Timur (Goa Kucing) Lokasinya di sisi timur pulau, sekitar 15 menit perjalanan dengan perahu dari dermaga. Di sini, Anda bisa menjumpai terumbu karang yang indah dengan ikan-ikan berwarna-warni, di kedalaman 1-6 meter. Spot ini cocok bagi pemula karena airnya cenderung tenang.

Tips: Gunakan pelampung atau life jacket jika tidak percaya diri dengan kemampuan berenang. Waspadai juga arus saat air laut sedang pasang.

  1. Pantai Barat Berada di sisi barat pulau, sekitar 20 menit perjalanan dengan perahu dari dermaga. Spot ini menawarkan pemandangan bawah laut yang lebih spektakuler, dengan terumbu karang yang lebih luas dan beragam jenis ikan. Namun, arus lautnya cenderung lebih kuat sehingga direkomendasikan bagi perenang andal.

Tips: Ikuti arahan pemandu wisata atau warga lokal terkait area yang aman untuk snorkeling. Jangan merusak atau menginjak karang saat berenang.

Untuk menikmati snorkeling, Anda bisa membawa peralatan sendiri atau menyewa di lokasi. Harga sewa peralatan snorkeling (masker, snorkel, dan fins) berkisar Rp 25.000-50.000 per set. Pastikan peralatan yang Anda sewa dalam kondisi baik dan ukurannya sesuai.

Menikmati keindahan pantai dan pulau sekitar

Selain snorkeling, Gili Ketapang juga menawarkan pesona alam yang memanjakan mata. Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang lembut, berkejaran dengan deburan ombak, atau sekadar berjemur santai di bawah hangatnya mentari. Suasana pantai yang tenang cocok untuk quality time bersama keluarga atau teman.

Jika ingin menjelajah lebih jauh, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil di sekitar Gili Ketapang. Pulau Gili Kecil, misalnya, menawarkan pantai yang lebih sepi dan atmosfer yang lebih privat. Sementara di Pulau Gili Genting, Anda bisa menikmati hamparan sawah dan perkebunan milik penduduk.

Untuk menyewa perahu keliling pulau, Anda bisa menghubungi penyedia jasa wisata atau mencari informasi di dermaga. Harga sewa perahu bervariasi tergantung rute dan durasi yang diinginkan, umumnya sekitar Rp 200.000-300.000 untuk satu perahu yang bisa memuat 4-6 orang.

Serunya olahraga air

Bagi Anda yang ingin aktivitas lebih menantang, Gili Ketapang juga menawarkan beragam olahraga air seperti banana boat, donut boat, dan kayak. Sensasi meluncur di atas deburan ombak atau mengayuh kayak menyusuri garis pantai akan memicu adrenalin Anda.

Untuk menikmati olahraga air, Anda bisa menyewanya di pinggir pantai atau melalui penyedia jasa wisata. Harga sewa berkisar Rp 50.000-100.000 per orang untuk banana boat atau donut boat (minimal 4-5 peserta), dan Rp 50.000 per jam untuk kayak.

Tips: Kenakan life jacket yang tersedia dan ikuti panduan keselamatan dari instruktur. Hindari beraktivitas saat cuaca buruk atau ombak tinggi.

Menyusuri hutan mangrove

Di sisi utara Gili Ketapang, terdapat kawasan hutan mangrove yang menarik untuk dijelajahi. Anda bisa menyusuri rimbunnya pepohonan bakau dengan perahu atau berjalan kaki melalui jembatan kayu. Sambil menikmati ketenangan alam, Anda bisa mengamati beragam jenis burung dan monyet-monyet liar yang menghuni hutan.

Untuk menyusuri hutan mangrove, Anda bisa menyewa perahu di dermaga atau ikut tur yang disediakan oleh operator setempat. Harga sewa perahu sekitar Rp 100.000-150.000, dengan kapasitas 2-4 orang.

Tips: Bawa topi, kacamata, dan tabir surya untuk perlindungan dari sengatan matahari. Jangan memberi makan atau mengganggu monyet liar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Pilihan akomodasi untuk menginap

Jika ingin lebih leluasa menikmati pesona Gili Ketapang, Anda bisa memilih untuk menginap sehari atau lebih. Tersedia beberapa pilihan penginapan dengan harga dan fasilitas yang beragam, di antaranya:

  1. Homestay sederhana: Cocok bagi backpacker atau wisatawan berbujet terbatas. Harga per malam sekitar Rp 100.000-200.000, dengan fasilitas tempat tidur, kipas angin, dan kamar mandi luar bersama.
  2. Cottage atau bungalow: Pilihan bagi yang menginginkan lebih privasi dan kenyamanan. Harga per malam sekitar Rp 250.000-500.000, dengan fasilitas kamar tidur terpisah, kamar mandi dalam, kipas angin atau AC.
  3. Resort atau hotel butik: Tersedia beberapa resor dengan fasilitas lebih lengkap seperti restoran, kolam renang, dan spa. Harga per malam mulai Rp 500.000 hingga jutaan rupiah, tergantung kelas kamar dan musim.

Untuk reservasi penginapan, Anda bisa mencari informasi dan kontak penginapan melalui mesin pencari, situs booking online, atau menghubungi langsung pengelola. Disarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari, terutama saat akhir pekan atau musim liburan untuk menghindari kehabisan kamar.

Kuliner dan oleh-oleh khas Gili Ketapang

Liburan ke Gili Ketapang tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa menu yang patut Anda coba antara lain:

  1. Ikan bakar: Berbagai jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal, dibakar dengan bumbu khas dan disajikan dengan sambal dabu-dabu atau sambal kecap. Harga per porsi sekitar Rp 25.000-50.000.
  2. Udang goreng tepung: Udang segar berlimpah tepung renyah, cocok disantap dengan nasi hangat dan sambal petis. Harga per porsi sekitar Rp 30.000-60.000.
  3. Rujak soto: Kuliner khas Probolinggo berupa irisan buah segar yang disajikan dengan kuah soto daging dan bumbu rujak. Perpaduan rasa segar, gurih, dan pedas ini dijual sekitar Rp 15.000-25.000 per porsi.

Anda juga bisa membeli beberapa oleh-oleh khas untuk dibawa pulang, seperti ikan asin, terasi, petis udang, atau krupuk ikan. Anda bisa menemukannya di warung atau kios kelontong milik warga sekitar pantai.

Menjaga kelestarian lingkungan

Selama berwisata ke Gili Ketapang, jangan lupa untuk turut menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan:

  • Jangan membuang sampah sembarangan, terutama di pantai atau laut. Bawa kantong untuk mengumpulkan sampah Anda dan buang di tempat yang disediakan.
  • Hindari menginjak atau merusak terumbu karang saat snorkeling. Jaga jarak dan jangan menyentuh karang atau biota laut.
  • Gunakan produk tabir surya yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk bagi ekosistem laut.
  • Pilih tempat menginap dan operator wisata yang menerapkan praktik pariwisata berkelanjutan.
  • Hormati norma dan budaya masyarakat lokal, serta dukung ekonomi mereka dengan membeli produk lokal.

Dengan kepedulian dari setiap wisatawan, kita bisa membantu menjaga keindahan dan kelestarian Gili Ketapang untuk dinikmati generasi mendatang.

Exness Mendukung Ekowisata di Gili Ketapang

Pada Maret 2024, broker forex terkemuka Exness mengumumkan kemitraan dengan administrasi Gili Ketapang untuk mempromosikan pariwisata yang ramah lingkungan di pulau indah Indonesia ini.

Menurut juru bicara Exness, perusahaan berupaya untuk berkontribusi dalam melestarikan keunikan alam Gili Ketapang, sekaligus mendukung ekonomi lokal. Dalam inisiatif ini, 5% dari komisi atas setiap akun trading baru yang dibuka oleh klien Indonesia antara 1 hingga 31 Maret 2024 akan disumbangkan ke Dana Pelestarian Lingkungan Gili Ketapang.

Dana tersebut akan digunakan untuk mendanai program-program perlindungan terumbu karang, pembersihan sampah di pantai, serta proyek-proyek edukasi lingkungan bagi penduduk lokal dan wisatawan. Selain itu, Exness akan menyelenggarakan aksi tahunan membersihkan pulau dengan melibatkan staf dan klien perusahaan.

“Kami senang dapat mendukung upaya pelestarian kekayaan alam Gili Ketapang,” komentar juru bicara Exness. “Pulau ini adalah mutiara Indonesia, dan sangat penting untuk memastikan pembangunan berkelanjutan bagi generasi mendatang.”

Inisiatif Exness disambut hangat oleh pemerintah setempat dan organisasi lingkungan hidup, yang melihat kemitraan ini sebagai peluang untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan dan menarik sumber daya tambahan untuk mengatasi masalah tersebut.

Gili Ketapang Adventure photo 2